Ayu Nanda Nur Fitaloka Berita 29 Juni 2016 09:40 dibaca 1088x

Sentani, Jubi – Pemerintah Kabupaten Jayapura merencanakan akan membangun Rumah Susun (Rusun) untuk tenaga guru yang bekerja di daerah Depapre dan sekitarnya.

Hal itu untuk menjawab sejumlah persoalan yang dilaporkan oleh masyarakat setempat terkait pelaksanaan pendidikan di Daerah tersebut.

“Sebenarnya rumah guru sudah dibangun dekat dengan sekolah, tetapi rumah tersebut tidak ditinggali oleh guru yang bersangkutan akibat tidak tersedianya fasilitas air bersih. Ini juga merupakan kendala bagi guru-guru kita untuk betah dan melaksanakan tugas mereka,” jelas Bupati Matius Awoitau di Distrik Depapre, Sabtu (25/6/2016).

 

Bupati juga mempertanyakan konsistensi dari masyarakat setempat yang seharusnya memberikan dukungan penuh terhadap guru yang bertugas di tempat mereka.

“Sekarang bagaimana dukungan masyarakat di sini. Hanya untuk menyediakan fasilitas air bersih saja apakah sangat susah?” kata Bupati.

Sebab itu, Awoitau akan segera membangun rumah susun bagi tenaga guru ditempat itu.

Secara terpisah, Kepala Distrik Depapre, Ganefo La Budo   mengaku pihaknya akan berupaya semaksimal mungkin untuk memfasilitasi kondisi ini dengan masyarakat setempat.

“Memang pemkab lagi gencar-gencarnya mengupayakan sistem pendidikan yang lebih baik di daerah ini. Hanya saja ada sejumlah oknum masyarakat yang belum mengerti dengan baik. Kami selaku pihak pemerintah distrik akan berupaya memediasi dan berkoordinasi dengan masyarakat untuk dapat memberikan dukungan terhadap peningkatan sumber daya manusia melalui jalur pendidikan,” terangnya.

Sumber : Tabloid jubi

komentar ditutup