Nugroho Asrianto Info Penting 26 Agustus 2016 07:26 dibaca 2009x

http://merauke.go.id/portal/files/wifi.jpg  http://merauke.go.id/portal/files/award.jpg

Gubernur Papua Lukas Enembe kamis 25 Agustus 2016, melakukan peluncuran intenet gratis di 14 titik Kota dan Kabupaten Jayapura, guna memberi kemudahan layanan dalam bidang teknologi informasi (TI) kepada masyarakat.

Peluncuran yang dilakukan di Sasana Krida Kantor Gubernur Dok II Jayapura, yang dihadiri Forkompinda Papua, seluruh Kepala SKPD tingkat provinsi,Direktur Utama PT. Telekomunikasi Indonesia, Perguruan Tinggi serta tokoh masyarakat.

Dikesempatan Ini juga dilakukan Penganugerahan Smart City Nusantara (SCN) Award,yang diberikan oleh PT.Telkom Indonesia kepada Pemerintah Provinsi Papua, Pemerintah Kota Jayapura dan Pemerintah Kabupaten Merauke.

Selain itu juga soal Migrasi Infrastruktur Jarkomda antar SKPD dilingkungan Pemerintah Provinsi Papua yang menggunakan serat optic serta interkoneksinya dari radio point to point ke Virtual Private Network (VPN) yang bertujuan menambah kapasitas bandwith sehingga kinerja jaringan komunikasi data semakin baik, cepat transparan serta akuntabel.

Setelah diluncurkan, masyarakat dapat langsung menikmati layanan internet gratis tersebut. Sementara 12 titik yang akan memancarkan wifi gratis, yakni di Taman Imbi, Taman Mandiri (eks ampera), Kompleks Ruko Pacific Permai, Kompleks Ruko Entrop, GOR Waringon Kota Raja, GOR APO Jayapura.

“Kemudian, 2 titik di Kabupaten Jayapura, yang mana 1 titik di Kantor Distrik Sentani Timur dan Netar yang masih dalam penjajakan. Diharapkan semuanya bisa aktif paling lambat hingga akhir bulan ini,” jelas Kansiana.

Kansiana mengatakan saat ini pihak fokus mengadakan serta membenahi jaringan TI di seluruh Papua. Sebab TI menjadi salah satu penentu pelayanan pemerintahan yang selama ini dilakukan oleh SKPD terkait.

“Pekerjaan jaringan TI menjadi salah satu tolak ukur keberhasilan pemerintah dalam melaksanakan pembangunan. Oleh karena itu, kita terus mendorong penyediaan jaringan TI supaya masyarakat bisa mendapatkan akses atau minimal mendapatkan internet gratis,” tutur dia.

Sebelumnya, Dinas Komunikasi dan Informasi Papua telah melakukan penambahan kecepatan internet hingga mencapai 60 Mbps (sebelumnya 20 Mbps) untuk memenuhi keperluan layanan data secara elektronik di seluruh SKPD.

Peningkatan konsumsi transfer data ini merupakan bentuk kerja sama dengan pihak Telkom Papua dimana pada Desember 2015 lalu, pemasangan sambungan kabel fiber optik Biak-Jayapura telah rampung.

“Tapi sebenarnya kecepatan 60 Mbps ini tak hanya di lingkungan pemerintahan provinsi saja, tetapi juga untuk layanan bagi masyarakat secara komersil,” Sambungnya.

Ia juga menyatakan siap mendukung pelaksanaan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX tahun 2020 di Bumi Cenderawasih. Pihaknya juga sedang mempersiapkan jaringan internet dengan akses data cepat untuk kebutuhan PON.

Mewakili Pemerintah Kabupaten Merauke, Robeca Iwong, S.Sos.,M.Si yang saat ini menjabat sebagai Sekertaris Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Merauke menerima  Penganugerahan Smart City Nusantara (SCN) Award yang diberikan oleh PT. TELKOM Indonesia. Penghargaan yang diterima Kabupaten Merauke ini tidak lepas dari penilaian kemajuan Teknologi Informasi yang semakin pesat di Merauke. Penggunaan Internet tingkat Kabupaten yang telah merata tersebar pada semua SKPD dengan total pengguna hingga saat ini sebanyak 1400 personel baik ASN maupun Honorer.

Kalau Pemerintah Provinsi Papua baru melakukan Launching Internet gratis, Kabupaten Merauke telah lebih dulu launching pada tahun 2015 lalu melalui program FREEHOTSPOT http://freehotspot.merauke.go.id/ dengan total jumlah pengguna masyarakat umum sebanyak 16.188 user. Titik hotspot saat ini baru berada pada 3 titik yakni di Taman Mandala, Taman Libra dan Kantor Dinas Kominfo/Pasar Wamanggu.

Satuan Kerja Pemerintah Daerah Kabupaten Merauke saat ini telah ternoneksi secara simultan yang dibangun sejak tahun 2012 hingga saat ini menggunakan koneksi Nirkabel dan kabel LAN. Penggunaan Jaringan Data tersebut dimanfaatkan secara maksimal untuk pelayanan aplikasi perencanaan, aplikasi pengadaan elektronik, aplikasi keuangan, aplikasi perpustakaan, aplikasi-aplikasi lainnya yang mendukung kelancaran e-government.

Kedepan dengan telah di tandatangani MOU Pemerintah Kabupaten Merauke dengan Pemerintah Kota Bandung tentang hibah 300 aplikasi, tentunya kualitas Jaringan harus di tingkatkan agar bisa menangani seluruh aplikasi tersebut.

 

http://merauke.go.id/portal/files/launching.jpg

[ngx]

KOMENTAR

    belum ada komentar

Silahkan berkomentar secara bertanggungjawab