Bogor, InfoPublik - Peningkatan kapasitas SDM melalui bimbingan teknis (Bimtek) di lingkungan Kementerian Komunikasi dan Informatika bertujuan meningkatkan kompetensi sebagai tanggung jawab organisasi.

Hal itu disampaikan Sekretaris Ditjen Informasi dan Komunikasi Publik Kemkominfo Hendra Permana, saat menutup bimtek Pemanfaatan Media Digital Dalam Pelayanan Informasi dan Kehumasan, di Kota Bogor, Jawa Barat.

"Kegiatan ini juga sebagai upaya dalam melakukan pemberdayaan pranata humas (prahum), dan membantu percepatan penyebaran informasi kebijakan pemerintah," katanya.

Menurutnya pranata humas terdahulu atau yang sudah tidak muda lagi, belum begitu menguasai teknologi informasi dibandingkan dengan pranata humas yang berusia muda yang langsung mengerti teknologi informasi.

Namun lanjut Hendra, mereka tetap harus mencari angka kredit melalui Bimtek untuk menunjang kenaikan pangkatnya. "Kalau kita mau maju tidak melihat umur tetapi tetap wajib mencari ilmu dan pengetahuan sebanyak-banyaknya, untuk itu perlu suatu kerja keras pranata humas," ungkapnya.

Ia juga minta agar pranata humas dapat mengimplementasikan materi-materi yang diberikan dalam Bimtek untuk mendukung percepatan penyebaran informasi kebijakan pemerintah.

"Para Prahum diharapkan dapat mengimplementasikan materi-materi yang diberikan, dan bagi yang telah mengerti agar membantu, membimbing dan mentransfer ilmunya kepada Prahum yang belum paham," ungkap Hendra.

Dari hasil bimtek ini pihaknya juga akan mengevaluasi sejauh mana manfaat bimtek sehingga ke depan bisa dilanjutkan dengan bimtek yang lebih baik.

Bimtek diselenggarakan selama empat hari, mulai 8-11 Mei 2017, dan diikuti 30 orang pejabat fungsional Pranata Humas di lingkungan Ditjen IKP. Peserta Bimtek mendapatkan enam materi yang terkait dengan pemanfaatan media digital.