Geti Saga Kesehatan 22 Juli 2017 18:49 dibaca 333x

Menyambut Hari Bhakti Adhyaksa dan HUT Ikatan Adhyaksa Dharma Karya Kejaksaan Negeri tahun 2017, Kejaksaan Negeri Merauke, Papua menggelar beberapa agenda kegiatan. Salah satunya, bekerjasama dengan BPJS Kesehatan melakukan pemeriksaan IVA tes atau papsmear.

Kajari Merauke, Raja Sakti Harahap mengatakan, pemeriksaan dikhususkan untuk para wanita yang sudah menikah guna mendeteksi dini penyakit kanker serviks pada mulut rahim.

“Kita harus sadari betapa pentingnya kesehatan bagi kaum wanita, supaya disayang suami, aktifitas menjadi lancar dan tetap ada kerukunan dalam keluarga,” katanya, Jumat (21/7).

Sementara Kabag Manajemen Pelayanan Primer Kantor BPJS Cabang Merauke, Wirdaos Alahudin menjelaskan, pemeriksaan IVA test kepada peserta JKN guna mendeteksi sedini mungkin adanya kanker serviks pada kaum wanita.

“Jika ditemukan ada yang positif, kita arahkan segera berobat ke fasilitas kesehatan tingkat pertama, untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut di rumah sakit atau dokter kandungan,” ujar Wirdaos Alahudin.

Ia menghimbau masyarakat supaya tidak perlu malu dan takut datang memeriksakan diri pada petugas kesehatan terdekat sebagai upaya pencegahan dini dan menghindarinya.

Pencapaian peserta JKN yang mengikuti pemeriksaan papsmear sejak Januari hingga Juni tahun ini sebanyak 500 orang.

“Ini menandakan partisipasi masyarakat cukup baik, banyak yang sadar akan pentingnya kesehatan bagi diri mereka. Namun perlu ada edukasi lebih awal kepada wanita tentang penyakit ini dan bahaya kanker rahim,” katanya.

Selain IVA tes, juga akan digelar kegiatan jalan sehat, pertandingan olahraga anak dan anjangsana ke panti asuhan. Puncak kegiatan akan dilaksanakan upacara dan ziara ke Taman Makam Pahlawan.

komentar ditutup