Agustina Koliludjur Berita 24 Juli 2017 18:45 dibaca 91x

Merauke – Ketua dewan Pengurus Daerah Perhimpunan Anggrek Indonesia (PAI) Provinsi Papua, Ny. Yolanda Tinal, SE kembali mengukuhkan kepengurusan Dewan Pengurus Cabang (DPC) PAI Kabupaten Merauke periode 2015 – 2020 di Sakil B Swiss-belHotel, Senin (24/7).

Sebelumnya tahun 2015 lalu, Ny. Yolanda Tinal sudah melantik dan mengukuhkan DPC PAI Merauke, namun karena jabatan ketua sekarang ini baru yang diduduki Ny. Rini D.N.Gebze,S.Sos maka dilakukan Resepsi ulang. Ny. Tinal memberikan apresiasi kepada pengurus yang baru direvisi, pihaknya berterimakasih kepada ketua PAI Merauke yang lama (Ibu Albertina Mekiuw) sudah melaksanakan tugas selama dua tahun.

Saya apresiasi dan menyambut gembira atas pelantikan ini dan pengukuhan ini. Kita semua tahu  tanaman anggrek mempunyai nilai ekonomis yang sangat tinggi dan merupakan satu bagian yang tak dapat dipisahkan dari kehidupan manusia, ujarnya. Dia juga mengajak semua elemen untuk melestarikan dan membudidayakan tanaman anggrek species.

Beliau juga mengingatkan  kerjasama antara pengurus PAI dalam menjaga spesies anggrek  dan sampai bertemu nantinya di acara Raparnas PAI, Pameran dan Lomba Anggek di Bulan Agustus 2017 yang nantinya di laksanakan di Jakarta, ujarnya. Di kesempatan yang sama, Ketua DPC PAI Merauke, Ny. Rini D.N. Gebze mengatakan Kabupaten Merauke memiliki potensi anggrek yang luar biasa baik tumbuh secara alami di hutan – hutan maupun budidaya oleh petani anggrek.

Sayangnya selama ini belum ada wadah yang menyatukan dan mengamankan anggrek – anggrek Merauke dari tengkulak sehingga kedepan PAI ingin menghimpun seluruh petani dan pecinta anggrek untuk diperkenalkan, mengembangkan serta melestarikan. “Peran PAI untuk mensejahterahkan petaninya juga mengangkat anggrek di setiap daerah. Apalagi potensi anggrek di Merauke sangat tinggi, ujarnya.

Bupati Merauke yang diwakili oleh sekda Merauke, Drs.Daniel Pauta menambahkan dengan dibentuknya wadah PAI diharapkan komitmen melestarikan, memperkenalkan bahkan mengembangkan species anggrek dapat terlaksana. “Kita bisa perkenalkan lewat media dan saran beliau apabila ada acara – acara resmi pemerintah yang di hadiri oleh banyak orang, ada baiknya untuk tatanan dekorasinya kader PAI bias menawarkan dekorasi bunga anggrek hidup, ujarnya.(mcmrk/ast)

komentar ditutup