Geti Saga Berita Lain 06 Oktober 2017 12:41 dibaca 125x

Lantamal XI Merauke, Papua menggelar upacara peringatan HUT TNI ke-72, Kamis (5 Oktober 2017), di Posal Torasi, yang merupakan wilayah perbatasan Republik Indonesia-Papua Nugini (RI-PNG), bersama masyarakat perbatasan.

Asops Danlantamal XI, Kolonel Laut (P) Desmon Hermono Kusumo yang bertindak sebagai inspektur upacara, membacakan amanat Panglima TNI Jenderal TNI, Jenderal TNI Gatot Nurmantyo mengatakan, tema HUT TNI ke-72 tahun ini yakni bersama rakyat TNI kuat.

“Makna yang terkandung dalam tema tersebut adalah, TNI tumbuh dan berkembang serta berjuang bersama rakyat,” katanya.

Menurutnya, kekuatan TNI yang bersandar pada rakyat merupakan bentuk aplikasi pertahanan semesta, dengan melibatkan seluruh potensi bangsa untuk turut serta bela negara.

“Kedekatan dan kebersamaan TNI-rakyat adalah inti dan pusat kekuatan, dari sistem pertahanan semesta yang kita anut,” ucapnya.

Wakil Komandan Lantamal XI, Kolonel Laut (P) Jatmiko Hariyono mengatakan, tahun ini Lantamal XI melaksanakan upacara peringatan HUT TNI ke-72, berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Tahun ini upacara dilaksanakan di Posal Torasi, bersama masyarakat perbatasan RI-PNG, dengan titik kordinat MM14 A sampai MM14 B.

“Tujuan dilaksanakan upacara di wilayah perbatasan ini, untuk menunjukkan keberadaan Prajurit TNI Angkatan Laut yang senantiasa setia menjaga keamanan di wilayah perbatasan demi keutuhan NKRI,” katanya.

Selain itu lanjut dia, untuk membangkitkan naluri agar masyarakat memiliki rasa cinta kepada tanah air sehingga merasa bagian dari NKRI.

“Mari kita jaga wilayah perbatasan secara bersama-sama dari segala bentuk ancaman baik dari darat, laut maupun udara,” ucapnya.

Dalam upacara ini, Danposal Torasi, Lettu Laut (KH) Eric Rantelili bertindak sebagai komandan upacara yang dihadiri Wakil Komandan Lantamal XI, Kolonel Laut (P) Jatmiko Hariyono, Aslog Danlantamal XI, Letkol Laut (T) Ikhsan Hidayat, Pjs. Dantim Intel Lantamal XI, Mayor Laut (E) Arsyam Wahid, dan Pjs. Kadisfaslan Lantamal XI, Mayor Laut (T) Tri Kairo Suwarsono.

komentar ditutup