Geti Saga Serba Serbi 16 Nopember 2017 07:54 dibaca 397x

Korem 174/ATW Merauke, Papua menggelar latihan penanggulangan bencana kebakaran, Rabu (15/11).

Upacara pembukaan yang berlangsung di Lapangan Upacara Kodim 1707/Merauke diikuti perwakilan Polri, TNI, SAR, dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD).

Kasrem 174/ATW, Kolonel Kav Ketut Adi Suasta Putra yang membacakan sambutan Danrem 174/ATW, Brigjen TNI, Asep Setia Gunawan mengatakan, tugas pokok militer selain perang adalah menanggulangi bencana alam dan dampaknya. Latihan penanggulangan bencana alam ini penting dilakukan dan dihayati oleh semua unsur terkait.

“Melalui latihan akan meningkatkan wawasan, terutama dalam memelihara dan meningkatkan kemampuan, mempersiapkan dan menghadapi ancaman, gangguan, hambatan serta tantangan yang terjadi di wilayah Korem 174/ATW,” kata Kolonel Kav Ketut Adi Suasta Putra.

Menurutnya, Merauke selalu digemparkan kebakaran hutan yang terjadi, baik di kota maupun di lahan milik masyarakat.

Latihan secara terpadu dengan semua stakeholder akan dilakukan di beberapa titik api, sehingga tindakan langsung di TKP dapat ditangani dengan cepat.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah Merauke, Sonny Betaubun mengatakan, dengan begitu masyarakat memahami baik, ada kondisi yang harus diwaspada

“Titik api tahun ini tidak sebanding tahun sebelumnya. Tahun ini menurun dan dalam skala kecil,” ucap Sonny.

komentar ditutup