Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) tahun 2018 yang dilaksanakan oleh Distrik Kurik bersama dengan Distrik Malind pada tanggal 8 Maret 2018 dan dihadiri serta dibuka secara resmi oleh Wakil Bupati Kabupaten Merauke, Sularso, SE berlangsung secara damai dan tertib. “Saya memilih Distrik Kurik dan Distrik Malind (untuk dihadiri) karena saya berpikir bahwa perkembangan Kabupaten Merauke kelak, Distrik Kurik akan menjadi alternatif solusi, dimana kita sudah mempersiapkan secara matang baik dari sisi perencanaan, program maupun penganggaran”. Tutur Wakil Bupati dalam pembukaan sambutannya.

Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Merauke pada tahun 2017 sebesar 2,134 triliun dan mengalami kenaikan mencapai 2,2 triliun dengan perincian 50% untuk pembangunan masih dirasakan sangat minim oleh Wakil Bupati, oleh sebab itu, lewat Musrenbang tingkat Distrik ini diharapkan mampu menyajikan program kegiatan prioritas di tahun 2019 serta tim dari pendamping kampung dan SKPD terkait harus mampu mengevaluasi rencana kegiatan yang sudah dilakukan pada tahun 2017 dan realisasi yang nyata pada tahun 2018 saat ini, lanjutnya.

Berdasarkan Instruksi Presiden (INPRES) No. 9 tahun 2017 tentang Papua dan Papua Barat, Wakil Bupati optimis dan menilai persentase usulan pembangunan di Merauke akan sangat tinggi mengingat pada poin 8 INPRES tersebut menyebutkan Merauke sebagai lumbung pangan nasional harus didukung oleh 17 Kementerian dan Lembaga yang ada. “Oleh sebab itu, saya mohon baik kebutuhan infrastrukturnya, kebutuhan dibidang pendidikan, kesehatan maupun pemberdayaan ekonomi direncanakan dengan baik, diusulkan dengan baik dan dikawal dengan baik”. Tuturnya.

komentar ditutup